Cara Mengatasi Emosi Pada Anak Sesuai Tahap Usia

mengatasi emosi pada anak

Hai Orang tua-Beda usia, beda pula cara mengatasi emosi pada anak (bayi, balita dan anak-anak). Maka, orang tua harus tau cara-cara mengendalikan emosi anak, agar kecerdasan emosi anak mulai bisa terbentuk sejak dini. Yaitu, seperti emosi ( marah, senang, cemas, sedih, dan sebagainya)

Kenapa Orangtua Banyak yang Tidak Bisa Mengatasi Emosi Pada Anak?

Berikut cara mengendalikan emosi anak sesuai usianya:

1. Mengatur emosi usia bayi

mengatasi emosi pada anak

Usia anak 0-12 bulan masih bayi. Pada usia ini, anak akan menampakkan emosi alaminya dan mengenal emosi kedua dari lingkungan terdekat yang ada di keluarganya. perkembangan otaknya, emosi bayi akan terpengaruh apabila berhubungan dengan tiga hal, yaitu sentuhan, pelukan, dan makanan.

Cara mengatasinyabagi orang tua, anda bisa melakukan dengan memutarkan mmuratal Al-Qur’an atau lagu, maupun mengajaknya berbicara. Rasa stres yang dialami bayi bisa berkurang dengan adanya stimulasi dari suara yang diputarkan.

Interaksi dengan orangtua maupun orang terdekatnya adalah cara ampuh untuk membuat bayi tenang.

2. Mengatasi emosi pada anak balita

mengatasi emosi pada anak

Usia anak 1 – 5 tahun usia balita, emosi yang paling sulit dimengerti dan diatasi oleh balita adalah rasa takut. Usia ini juga, orangtua mulai mengeratkan anak dengan emosinya sendiri.

Usia balita, mereka sudah mulai bisa berinteraksi dengan emosinya sendiri. Bagi orangtua, harus berhati-hati karena balita akan meniru respon orangtuanya dalam segala situasi.

3. Mengendalikan emosi anak-anak

mengatasi emosi pada anak

Usia 6-10 tahun usia anak, anak-anak sudah mulai mengenal emosi kedua (secondary emotion). Di usia ini, mereka bisa terpengaruh lingkungan, media, dan memiliki persepsi sendiri tentang segala sesuatu yang ditemui.

Anak sudah mulai merasakan sakit hati, iri, benci, marah pada seseorang, kasihan, terharu, lucu, dan berbagai emosi lainnya. Di sinilah anak sudah remaja dan mengatasi rasa kecewanya.

Caranya mengatasi emosi pada anak usia ini, orangtua tak perlu selalu membantunya dalam berbagai hal, biarkan dia melakukannya. Karena ini akan berdampak sampai ia dewasa.

Arahkan anak pada yang baik, jika orangtua jadi tempat aman untuknya, maka anak akan merasa aman dan keadaan akan terasa baik-baik saja.

Itulah beberapa cara mengendalikan emosi pada anak, perhatikan perkembangan dan pertumbuhan anak, jadilah orangtua yang selalu ada disampingnya.

Referensi Theasianparent

Contributor

Written by Sasjara Era

Content AuthorYears Of Membership