Rezeki Dalam Islam Tidak Tergantung Pada Ijazah

rezeki dalam islam

Islampoin.com- Apa itu rezeki? Apakah dengan memiliki ijazah akan mendapatkan rezeki? Sebelum itu kita harus bahwa, apa-apa saja rezeki dalam islam.

Allah yang mendatangkan rezeki itu kepada kita dan apa saja yang kita nikmati di dunia ini, itulah rezeki pemberian Allah.

Mungkin saja sebagian dari kita menganggap bahwa rezeki itu identik dengan maeril, harta, uang. padahal setiap nafas yang kita hembuskan adalah rezeki yang cuma-cuma kita dapatkan atas pemberian dariNya.

Rezeki itu tidak tergantung pada ijazahmu

rezeki dalam islam

Memang tidak ada yang membantah tentang materil, harta dan uang, yang merupak salah satu bentuk rezeki diantara rezeki-rezeki yang Allah curahkan kepada kita semua.

Namun jangan berfikir bahwa, kesusah mendapatkan uang bukan karena tidak memiliki ijazah, jangan sampai ada pmikiran yang seperti itu.

Sulit apapun mendapatkan uang, bukan berati kita tidak mendapatkan rezekiNya, padahal, dengan memiliki kesehatan dan kekuatan itu merupakan rezeki yang melebihi dari nilai uang yang kita dapatkan sehari-hari.

Rezeki dalam islam

Di dalam Al-Quran, disebutkan ada 8 jalan rezeki yang Allah berikan untuk hamba-hambanya. Apa sajakah itu?

1 Rezeki Yang Telah Dijamin

“Tidak ada satu mahluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya” (Q.S. Hud :6)

2 Rezeki Karena Usaha

“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya” (Q.S. An-Najm:39)

3 Rezeki Karena Sedekah

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak” (QS. Al Baqarah 245)

4 Rezeki Karena Menikah

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan kemapanan kepada mereka dengan karunia-Nya.” (QS. an-Nur : 32)

5 Rezeki Karena Anak

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (QS. Al-Isra 31)

6 Rezeki Karena Istighfar

“Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta” (QS. Nuh : 10-11)

7 Rezeki Karena Bersyukur

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu” (Q.S.Ibrahim:7)

8 Rezeki Tak Terduga

Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya”
(QS. At Thalaq :2)

Semoga bermanfaat. Hanya Allah yang memberi kemudahan untuk meraih rezeki yang halal, itulah beberapa jalan mendapatkan rezeki dalam islam.

Contributor

Written by Sasjara Era

Content AuthorYears Of Membership