Inilah Penyebab Rusaknya Akal Seseorang

Download (5)

Akal merupakan satu di antara sekian organ tubuh manusia yang sangat vital dan penting. Selain karena ketiadaan akal akan membuat seseorang menjadi gila, akal juga merupakah pembeda utama antara manusia dan makhluk lainnya.

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang yang memiliki akal untuk menjaganya dari segala hal yang dapat merusak akal. Karena ketika akal sudah rusak, maka mengembalikannya seperti semula bukanlah pekerjaan yang mudah.

Ada banyak faktor yang dapat merusak kesehatan tubuh seseorang. Diantaranya adalah dari makanan yang di konsumsi dan dari perilaku diri. seperti sering iri dan dengki, emosi, stres dan lainnya.

Demikian juga hal itu terjadi pada akal seseorang. Akal bisa mengalami kerusakan akibat mengonsumsi makanan tak sehat dan juga perilaku diri yang menyimpang. Adapun perilaku diri yang paling merusak akal adalah kemaksiatan.

Imam Ibnu Qayyim pernah berkata:

أَنَّ الْمَعَاصِيَ تُفْسِدُ الْعَقْلَ، فَإِنَّ لِلْعَقْلِ نُورًا، وَالْمَعْصِيَةُ تُطْفِئُ نُورَ الْعَقْلِ وَلَا بُدَّ، وَإِذَا طُفِئَ نُورُهُ ضَعُفَ وَنَقَصَ

“Sesungguhnya maksiat itu merusak akal, sesungguhnya di dalam akal seseorang terdapat cahaya, dan maksiat akan memadamkan cahaya itu, maka ketika cahaya itu padam maka akal akan melemah dan berkurang (kecerdasannya)”

Para ulama salaf juga pernah berkata:

مَا عَصَى اللَّهَ أَحَدٌ حَتَّى يَغِيبَ عَقْلُهُ، وَهَذَا ظَاهِرٌ، فَإِنَّهُ لَوْ حَضَرَ عَقْلُهُ لَحَجَزَهُ عَنِ الْمَعْصِيَةِ ،

“Tidaklah seseorang bermaksiat kepada Allah sehingga Allah menghilangkan akalnya, dan ini adalah apa yang terlihat, karena jika akalnya hadir bersamanya sudah tentu akalnya akan melarangnya dari kemaksiatan.

Orang yang akalnya masih jernih tentu akalnya akan menghalanginya dari maksiat karena malu kepada Allah. Bagaimana mungkin dia bermaksiat sementara Allah melihatnya, malaikat di sekitarnya juga memperhatikannya, kemudian Al-quran juga sudah melarangnya dan kematian juga sudah menunggunya.

Orang yang melakukan maksiat adalah orang yang akalnya bermasalah, karena maksiat sedikit demi sedikit memadamkan cahaya yang terdapat di akalnya.