Bagi Kamu Yang sering Membaca Surat Waqi’ah, Ini Dia Keutamaannya

keutamaan surat waqiah

Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 yang ada di dalam jus ke-27. Dalam Surat Al Waqiah terdapat 96 ayat, sesuai dengan ayat yang pertama yakni al-waqiah atau memiliki arti kiamat.

Sedangkan isi dari Surat Al Waqiah menceritakan tentang bagaimana hari kiamat tersebut akan terjadi dan juga balasan bagi orang mukmin dan juga orang kafir.

Usahakan setiap malam membaca surat ini

Fadhilah atau keutamaan surat Al Waqiah yang terkandung didalamnya ialah sebagai berikut:

Dijauhkan Dari Kemiskinan

Seseorang yang terus menerus membiasakan diri untuk membaca Surat Al Waqiah sebanyak satu kali setiap malam, maka ia akan mendapatkan pahaladan dijauhkan dari kemiskinan untuk selama-lamanya.

Keutamaan Surat Al Waqiah tercantum dalam riwayat Abu Ya’la dan Ibnu Asakir, yang merupakan anjuran Rasulullah Muhammad kepada Abdullah bin Mas’ud.

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan” (HR. Abu Syuja)

Abdullah bin Mas’ud menerapkan amalan ini setiap malam. Sehingga dia tidak khawatir keluarganya menjadi miskin.

Selain hadis di atas, masih ada beberapa riwayat lain yang juga menjelaskan keutamaan membaca Surat Al Waqiah. Ibnu Katsir mengetengahkan hadis serupa, diriwayatkan Abu Syuja.

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir)

Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir mencantumkan hadits serupa dari Anas.

سُوْرَةُ الْواقِعَةِ سُوْرَةُ الْغِنَى فَاقْرَؤُوْهَا وَعَلَّمُوْهَا أَوْلَادَكُمْ

” Surat Al Waqiah adalah surat ‘kekayaan’. Maka bacalah Surat Al Waqiah dan ajarkanlah kepada anak-anak kalian.” (HR. Ibnu Murdawaih)

Memperoleh Kekayaan Berlimpah

Agar seseorang bisa menjadi orang kaya yang selalu mengucap syukur, maka amalan dari Surat Al Waqiah ini dibacakan sebanyak 3 kali, sesudah selesai menunaikan sholat subuh dan juga 3 kali, sesudah menunaikan sholat. Insya Allah tidak akan berlalu masa setahun tersebut melainkan akan dijadikan seseorang yang hartawan dan juga dermawan.

baca juga cara mendapatkan harta yang baik dalam pandangan islam

Buya Hamka menjelaskan bahwa, adapun maksud dari membaca tiap malam surat Al-Waqiah agar memahami isinya dan mengamalkannya.

“Jika kita baca Surat ini dan kita pahami maknanya, jiwa kita akan merasa kuat,” kata Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar, “kita tidak akan meras rendah diri kecuali kepada Allah. Kita tidak akan menggantungkan harapan kepada sesama manusia. Itulah kekayaan sejati.”

Itulah sekilah keutamaan surat Al Waqiah semoga bermafaat, jangan lupa baca juga ini rezeki tidak tergantung pada ijazahmu

Contributor

Written by Sasjara Era

Content AuthorYears Of Membership